babbling

Ngidam ngga?

Ini dia nih pertanyaan yang paliiiing banyak ditanyain ke gue terutama waktu awal-awal hamil.

Gue sendiri rada bingung ya jawabnya gimana. Dulu pas kuliah, pernah ada dosen yang bilang kalau ngidam itu murni psikologis yang artinya ngga ada ngidam-ngidaman dalam kamus kedokteran. Jadi gue sebagai dokter abal dari dulu mempercayai kalo ngga ada hubungannya antara hamil, ngidam, dan anak yang ngeces kalo ngidam emaknya ngga keturutan. Terus gue pernah baca-baca juga di manaaa gitu kalau sebenernya ngidam tuh semacam isyarat kalau baby kita membutuhkan sesuatu. Misalnya kita ngidam makan steak, mungkin baby pengen protein. Kalau ngidam sirup, mungkin baby butuh asupan gula. Terus gue juga pernah baca katanya kalau ngidam berarti kita kurang perhatian dari suami. Huahahaha.

Ehm. Balik lagi ke ngidam apa ngga-nya gue.

Dari awal hamil, sampe sekarang, dan sebelum hamil sebenernya, gue adalah omnivora sejati. Pemakan segala. Apa aja hayuk masuk mulut. Dan selama ini gue ngerasa ngga pernah ada sesuatu yang gue pengen atau pengen makan yang rasanya banget-banget-banget. Jadi kalo selama ini gue ditanya gue ngidam sesuatu apa ngga, ya gue jawab ngga. Secara yaa, orang-orang yang cerita ke gue itu kalo mereka ngidam aneh-aneh kepengenannya. Atau kalopun ngga aneh-aneh pokoknya ngotoooot mesti keturutan.

Tapiiiiii, suami berkata lain. Dia bilang gue ngidam tomyam. Hmm, iyasih kalo diinget-inget gue pas awal-awal hamil demen banget makan tomyam. Kayanya seger aja kalo makan tomyam. Tapi gue kalo ngga dapet tomyam, fine aja kok. Tomyam di mana aja, fine juga kok. Dan pengen tomyamnya juga di jam-jam makan yang pada umumnya. Ngga kaya temen gue yang ngidam pengen DIBUATIN INDOMIE SAMA TETANGGANYA JAM 2 PAGI. Huahahaha. Untung yeee tetangganya baek. Jadi dibuatin.

Yang menurut gue ngidam tuh malah laki gue. Dia jadi demeeeen banget makan daging. Tiba-tiba pengen steak, pengen burger, pokoknya kalo kita pergi makan di luar yang pengen dan nentuin tempat makannya ya suami tercinta itu. Kalo ini sih lebih bingung lagi yah penjelasannya gimana. Secara ibu hamil kalo ngidam aja kaga ada di kamus kedokteran, apalagi suaminye yang ngidam???

Anyway. We have a verryyyyyy happy pregnancy moments. Nyinyiku janin baik yang Alhamdulillaaah banget tenang, ngga rewel, ngga banyak maunya, pokoknya janin yang menyenangkan deeeh, hehehe.

Advertisements

Maid-less…again

Yesss.

Setelah penuh drama telenovela, akhirnya Mbak Tuti resmi hengkang dari rumah, huhuhu. Aku mengurus diri dan suami sendirian lagiiiiii….

Alesannya apa kok keluar?

Banyak. Dan jujur gue sendiri rada-rada kurang ngerti sama Mbak Tuti. Yang dia ceritain ke gue sih dia ngga betah karena dia ngga cocok dan ngga nyaman sama emaknya Abi. Sama dong! Katanya suka nyuruh-nyuruh dan marah-marah ngga jelas. Terus banyak larangan yang ngga manusiawi. I know, Mba… Emang begindang mahluknya, mau diapain lagi?

Tapi, kadang dia juga bilang kangen sama anaknya. Terus, cerita yang gue denger dari Kak Nane dia bilang gajinya kekecilan. Mungkin gue bukan pakar di prahara ART-ART-an, tapi gue rasa gaji ART Rp. 1 juta perbulan dan cuma ngurus 4 orang (yang mana 3 orangnya kerja, 2 di antaranya berangkat pagi pulang sore, dan 1 di antara 2 itu sering pulang pagi), cuma bersih-bersih rumah, cuci, setrika, masak, terus juga masih kita bolehin sambilan jadi sales Herbalife atau apalah gitu demi tambahan…..terlalu kecil?

Kak Nane juga cerita si Mbak doyan ngutang atau minta uang. Gue sih ya, dari dulu, dan dari ajaran nyokap gue, berprinsip selama pembantu kerjanya bagus dan dia orangnya baik, kalo dia butuh sesuatu yaudah kasih aja. Itung-itung sedekah bantu orang. Jadi gue waktu dia minta bantuin anaknya beli buku pelajaran, atau beli pulsa buat nelpon anaknya sih kaga masyalah. Menurut gue kerjanya masih oke dan gue yang kerja dari jam 8 pagi sampe 5 sore ini sangat terbantu.

Tapi, kata Kak Nane dia ngutang mulu dengan alasan ini-itu padahal baru kerja sebentar. Terus minta ini itu. Gue sih kurang paham hal ini. Secara gue eksis di rumah bisa diitung cuman berapa jam. Jadi mungkin Kak Nane yang lebih tau gimana-gimananya.

Prahara dimulai waktu Mbak Tuti labil kaya cabe-cabean. Keluar-masuk lagi-keluar lagi-masuk lagi-dst. Mbak Tuti sempet minta keluar, terus kita ya apaboleh buat ngizinin aja. Seminggu kemudian dia mulai whatsapp (yesss, doski whatsapp-an sama gue dan Kak Nane) kalo dia sekarang kerja di tempat  jual hape plus pulsa deket rumahnya. Ya gue sih seneng kalo dia udah dapet rejeki. Tapi kemudian dia bilang ngga betah karena harus berangkat pagi pulang malem kaya orang kantoran dan gajinya kecil, jadi dia mau kerja lagi. Yowes, kita sih seneng aja.

Ngga lama kemudian, paling beberapa hari dia bilang mau keluar lagi. Mbuh karena apa. Yowes, mau apalagi. Eh beberapa hari setelah keluar dia bilang mau kerja lagi, tapi cuma berapa hari seminggu. Gue ngga masalah, masih syukur lumayan buat cuci-jemur-setrika. Makan mah urusan gampang. Eh ngga lama dia bilang jadinya balik kerja full deh, ngga cuman beberapa hari seminggu. Gue mulai migrain.

Beberapa hari balik kerja, dia izin kalo mau nyambi kerja di tetangga waktu siang. Katanya buat bantu-bantu masak. Kita masih ngga masalah asal di rumah udah beres dan rapi. Mulailah dia double agent beberapa lama. Eh ngga lama dia bilang mau ngutang lagi dan terus Kak Nane bilang ngga bisa kemudian dia ngambek dan keluar.

Drama selanjutnya adalah Mbak Tuti minta gajinya selama ini (masuk-keluar-masuk-keluar). Kak Nane ngitung gajinya prorata alias gaji sebulan dibagi 30 hari, terus dikali berapa hari dia kerja. Cukup fair menurut gue. Eh tapi si Mbak Tuti bilang dia mau diitung full dan…..dia menghantui kita via whatsapp selama beberapa minggu menuntut ‘uangnya’.

Mbak Tuti bilang kok kita itungan banget sama dia duit ‘cuman’ segitu aja ngga mau ngasih. Gue sih sebenernya ngga masalah ya, tapi gue mau orang yang kerja sama gue itu punya tanggung jawab sama kerjaan dan keputusannya.

Yaah, pelajaran buat kita semua. Sekarang sih pengennya cari ART lagi. Tapi di manaaa? Susyeh sekarang nyarinya, huhu.

Jam istirahat telah dataaang, aku mau makan inyak dan kongkow cantik dulu.

Adios.

 

Hello, 2015!

Haaaai! Selamat tahun baru!

*telat 2 bulan*

*tiupin debu di blog*

Udah 2 bulan ngga nulis. Males banget ya gue, hehe. Terus, ada apa aja selama 2 bulan?

Marriage life?

Me and Abi are doing very well. Makan terus ke mana-mana. Ya namanya kerja cari duit kan buat makan ya. Walaupun ngga berarti duit harus abis buat makan doang sih..hehehe. Namapun anak muda!

Kerjaan gimana kerjaan?

Bersyukur kantor tinggal ngesot dari rumah. Apalagi di musim hujan banjir macem gini. Walaupun kemaren Senen ‘terpaksa’ ngga masuk karena sakit……dan 10% karena males ujan deres dari Minggu malem.

*dadah-dadah ke 600ribu*

How is the TTC program?

Doing great. I’ll blab later. Janji deh buat bikin post khusus tentang ini…..nanti. :)))

Ini hari Jumat dan hidung masih ngga enak bawaan flu sisa-sisa kemaren. Bawaannya pengen hachim mulu. Terutama karena posisi gue ada di bawah AC somplak yang mana pilihan dia cuma:

1. Mati dan bikin pengep seruangan

2. Nyala dengan suhu sesuka jidatnya dia. Kadang beku, kadang super hot

Ya gimana kita kaga fluuuu?

Gue, Mba Mita, Nurul, Caca, udah pada tepar. Yang laen juga tapi kayanya masih sedikit gagah tampakannya. Gue dan Mba Mita hari Senen sama-sama tepar dan ngga masuk. Selasa gue masuk, tapi kemudian menyerah dan pulang setengah hari. Mba Mita hari Selasa juga ngga masuk. Caca akhirnya menyerah hari Kamis. Nurul masih bertahan dan jadi sumber virus di sini.

Mbok ada cuti musim hujan dong, kantorku yang baikkk?

Btw, Abi seneng banget gue ngga masuk hari Senen. Tumben-tumbenan mungkin buat dia, gue ngga sayang sama si 600ribu. Padahal sih dalem hati nangis darah. Selama ini Abi juga bilang kalo gue ngga kerja ngga apa. Tapi kayanya dia ngga serius. Atau dia belum nyadar betapa mahalnya makan kebutuhan bininya. Kadang gue pengen jadi wanita karir yang keren, lanjut S2 dan S3, deesbre-deesbre. Tapi di lain waktu gue pengen di rumah aja, ngga usah mandi, tanktop+boxer sepanjang hari, cuma belanja sama ngurus anak.

Tapi……

Akuh ngga bisa bebas belanja dong?

Akuh ngga bisa makan makanan mihil lagi dong??

Akuh bakal bosen cuma ngerem doang di rumah dong???

Ngelirik jam, masih jam 10.30. Masih sejam lagi menuju istirahat dan ratusan jam lagi menuju pulang kantor.

I love my office, tapi…….sekarang aku mau pulang mamaaaaaaak!

Ikatan Istri Palsu

Pembicaraan pagi ini….

Mba Mita (M): Yas, tau cara milih mangga yang enak ngga? *sambil ngendusngendus mangga*

Ayas (A): Kaga tau mba, perasaan semua sama aja..

Mba Suzi (S): Dicium tauuu, coba nihh..sama inihh..beda kan baunya? Yang ini manis, yang ini ngga terlalu. Terus dipegang-pegang juga empuk apa ngga..

M & A: Hooo

S: Terus kalo milih melon itu diketok-ketok.. kalo diketok kopong artinya udah mateng.. terus diliat bekas potongan tangkainya, kalo udah layu berarti udah mateng

M & A: *makin clueless*

A: Wah Mba Suzi hebat, aku aja udah sukur kalo bisa ngebedain itu mangga atau pear…

M & S: *speechless*

Yess.

Dengan ini gue resmi masuk ikatan istri palsu yang bersyukur cuma karena bisa bedain mangga dari pear. Kalo belanja emang biasanya Abi yang lebih aktif dan cermat. Gue? Asal murah gue ambil. *istri medit*

Yaa, mungkin gue bukan ditakdirkan jadi ibu rumah tangga sih. Coba nanya gue macem prinsip underwriting, atau financial underwriting, atau tetekbengeknya polis……pasti juga ngga tau. Huahahaha.

Sincerely,

Ayas yang kehilangan jati diri

Dear My Future Baby…

First of all,

I want you to call me Mamoy or Mocil (stands for Momi keCil). Because I want you to call your daddy Papoy (yes, like the minions’ language on Despicable movie).

I was 24 when I marry your daddy and we were dating since around 10 years ago,

I was a young girl and till now still do and I just want to have fun with your daddy.

I said I want us to have many-many-many holidays when he said let’s have and raised a kid soon.

I’m an egocentric bastard. The person I listen to most is my own self. So I suck those fucking  birth control pills since before my wedding day. Thinking that yes, I want a baby, but maybe in 6 months or a year later.

But than your stupid mommy-to-be realize that your (and your sisters and brothers) presence does not mean that me and your daddy could no longer having our honeymoon romance anymore. Your presence means that we are honoured by Allah to have and raise you. Your presence means that there will be more joy in our life, more love in our life, and more fortune in our days.

So your stupid mommy-to-be stopped taking those pills and start to pray. Wishing Allah does not granted my yesterday’s wishes and instead grant today’s one, while me and your daddy start our conceiving program.

I know that some women will need extra effort to could get pregnant, but I never thought that I would be one of them. On our 5th month of marriage, I heard the worst news I ever had. I have those little-annoying-myomas and some obstruction on my right ovary.

Worst news ever. For me. Am I ever gonna meet you someday?

But hey, this is us. Your parent-to-be are a couple of bubbly fighter. We’re not gonna surrender. We’ll try our best. We’ll eat and drink whatever it needs to have you around us. We’ll never stop wishing and praying. We’ll work harder to overcome anything that may come.

So, here we are. On our 6th month of marriage. Keep praying and wishing and swallowing thousands pills. I wish and I know we’ll meet someday. We love the idea of you and we love you even before we met you.

Please come soon.

Longing for your presence,

Mamoy.

Live my life…

A happy morning!

Friday and payday. Yihaa. Tapi entah kenapa setiap baru aja gajian, gue langsung berharap gajian berikutnya (dan bonus) segera dateng hehehe.

*please bonus dong-dong-dong*

*crossing fingers*

Anyway, gue merasa akhir-akhir ini kita (gue dan Abi, terutama gue) udah terlalu tenggelam dalam hal try to conceive ini. Sampe gue kemaren disadarkan oleh satu hal. Yes, I (really-really-really) want a baby right now. Dan hal itu udah ngebuat gue ‘lupa’ akan hal-hal lain yang gue harusnya bisa nikmatin.

Let’s see. Gue dan Abi ‘baru’ 6 bulan nikah. Banyak temen-temen gue yang udah beberapa tahun nikah dan belum dapet rejeki keturunan bisa enjoying their life happily. Walaupun banyak yang nikahnya lebih baru tapi lebih dulu dapet rejeki hamil, they’re still happy. Gue? Ada temen gue yang nikahnya lebih baru dan udah hamidun, gue seneng tapi bertanya-tanya: kok gue belom tapi dia udah?

Gue terlalu terhanyut dengan masalah little-myoma(s) dan penyumbatan gue ini.

Gue lupa rasanya jadi manten anyar. Harusnya gue dan Abi menghabiskan masa-masa ini dengan travelling dan hepi-hepi berdua. Yes, gue tau ada yang salah dengan itu itu bagus banget. Gue mencoba dari awal buat mengobatinya juga bagus banget. Tapi jangan sampe gue dan Abi jadi ngga nikmatin masa-masa awal nikah kita. Itu gue baru sadar.

Gue jadi ‘lupa’ rencana kita buat melancong ke anu-itu-ini. Yang gue inget cuma ini hari ke berapa siklus gue dan kapan gue harus check up ke dokter.

Gue jadi ‘ngga dengerin’ bujuk rayu Abi buat ambil cuti dan kita honeymoon. Yang gue tau cuma gue ngga boleh cuti dan harus ngumpulin banyak duit buat program ini itu.

Selama ini kalo ada yang bilang ‘sante aja, ngga usah ngoyo dan stress kalo belom hamil, nanti malah susah dapetnya’ selalu gue bantah dalem hati. Mana bisa gitu kaga stress, secara gue punya ‘deadline’ 6 buian untuk bisa tekdung. Gue punya bayangan LO yang menghantui gue.

Tapi sekarang yowes, gue mau mencoba ngga (terlalu) mikirin semuanya.

Gue akan tetep kontrol dan berobat ke dokter. Gue akan tetep minum obat dengan rajin. Gue akan tetep (berusaha) matuhin do(s) and don’t(s) nya program gue.

Tapi gue juga akan merencanakan liburan bersama laki gue. Gue akan jalan-jalan sama temen-temen gue. Gue akan melancong ke tempat-tempat yang belum pernah gue datengin. Gue akan kulineran ke tempat-tempat yang mau gue datengin.

So, stop seeing the fuckin* calendar in front of you and just let yourself live your life. Happily.