Ngidam ngga?

Ini dia nih pertanyaan yang paliiiing banyak ditanyain ke gue terutama waktu awal-awal hamil.

Gue sendiri rada bingung ya jawabnya gimana. Dulu pas kuliah, pernah ada dosen yang bilang kalau ngidam itu murni psikologis yang artinya ngga ada ngidam-ngidaman dalam kamus kedokteran. Jadi gue sebagai dokter abal dari dulu mempercayai kalo ngga ada hubungannya antara hamil, ngidam, dan anak yang ngeces kalo ngidam emaknya ngga keturutan. Terus gue pernah baca-baca juga di manaaa gitu kalau sebenernya ngidam tuh semacam isyarat kalau baby kita membutuhkan sesuatu. Misalnya kita ngidam makan steak, mungkin baby pengen protein. Kalau ngidam sirup, mungkin baby butuh asupan gula. Terus gue juga pernah baca katanya kalau ngidam berarti kita kurang perhatian dari suami. Huahahaha.

Ehm. Balik lagi ke ngidam apa ngga-nya gue.

Dari awal hamil, sampe sekarang, dan sebelum hamil sebenernya, gue adalah omnivora sejati. Pemakan segala. Apa aja hayuk masuk mulut. Dan selama ini gue ngerasa ngga pernah ada sesuatu yang gue pengen atau pengen makan yang rasanya banget-banget-banget. Jadi kalo selama ini gue ditanya gue ngidam sesuatu apa ngga, ya gue jawab ngga. Secara yaa, orang-orang yang cerita ke gue itu kalo mereka ngidam aneh-aneh kepengenannya. Atau kalopun ngga aneh-aneh pokoknya ngotoooot mesti keturutan.

Tapiiiiii, suami berkata lain. Dia bilang gue ngidam tomyam. Hmm, iyasih kalo diinget-inget gue pas awal-awal hamil demen banget makan tomyam. Kayanya seger aja kalo makan tomyam. Tapi gue kalo ngga dapet tomyam, fine aja kok. Tomyam di mana aja, fine juga kok. Dan pengen tomyamnya juga di jam-jam makan yang pada umumnya. Ngga kaya temen gue yang ngidam pengen DIBUATIN INDOMIE SAMA TETANGGANYA JAM 2 PAGI. Huahahaha. Untung yeee tetangganya baek. Jadi dibuatin.

Yang menurut gue ngidam tuh malah laki gue. Dia jadi demeeeen banget makan daging. Tiba-tiba pengen steak, pengen burger, pokoknya kalo kita pergi makan di luar yang pengen dan nentuin tempat makannya ya suami tercinta itu. Kalo ini sih lebih bingung lagi yah penjelasannya gimana. Secara ibu hamil kalo ngidam aja kaga ada di kamus kedokteran, apalagi suaminye yang ngidam???

Anyway. We have a verryyyyyy happy pregnancy moments. Nyinyiku janin baik yang Alhamdulillaaah banget tenang, ngga rewel, ngga banyak maunya, pokoknya janin yang menyenangkan deeeh, hehehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s