Day: October 3, 2013

Wedding Case #3: The Dukun Manten

Setelah menyeret mama untuk DP di Royal, kita mulai mikirin vendor selanjutnya: perias.

Buat beberapa orang hal terpenting dari acara nikahan itu gimana makanannya. Ada juga yang nilai dari dekornya atau gedungnya. Tapi sebenernya buat gue yang paling utama itu periasnya. Secara kan nanti gue tokoh utama yang bakal dipajang. Kalo ngga cantik atau ngga manglingin gimanaaa gitu. Kan nanti bakal ngaruh juga ke gimana hasil foto-fotonya.

Kalo makanan kan mau enak atau ngga kan itu selera. Kemungkinan besar juga mantennya ngga nyicipin. Jadi enak ngga….gue ngga gitu peduli. Huahaha. Ini lebih ke concern mama gue sih. Ya baguslah berarti kan dia fokus ke makanan dan gue bisa fokus ke hal lain.

Kalo venue gimana? Ya penting jugalah. Kaya yang pernah gue tulis di post lalu. Tapi ya kriteria venue bagus menurut gue cukup simpel kok. Yang penting cukup nampung para tamu, cukup strategis, dan harga ngga mencekik.

Masalah dekor juga…gimana ya. Dekor juga penting. Tapi gue pribadi mungkin akan dekor yang cenderung simpel aja kali ya. Tentunya simpel yang kentel tradisionalnya *orderan big boss*. Ngga perlu lah yang bunga gemuk di mana-mana. Toh nanti abis acara juga ngga kepake lagi kan. Sayaaaang..hihi.

Kalo perias kan yang dipermak gue. Yang didandanin gue. Yang (Insya Allah) cantik dan manglingin gue. Jadi gue keluar duit banyak ya murni buat diri gue sendiri. Kalo macem makanan kan ya nyenengin orang lain. Hahaha. Ini calon manten egois.

Intinyaaaa.. gue mau dan wajib cari perias yang bagus. Dan bukan sekedar perias. Tapi dukun manten. Ini sekali lagi merupakan pesenan para penyandang dana (baca: papamama). Mungkin dulu waktu mereka nikah itu keadaannya masih sangat sederhana dan begitu (alhamdulillah) punya rejeki buat ngawinin anak pengen buat yang lebih hore. Hore dalem artian adat yang lengkap ya, bukan yang mewah gemerlap gimana gitu. Yang penting inti dari adatnya dapet walaupun ngga sempurna.

Jadi gue browsing beberapa dukun manten yang ‘kedengeran’ di dunia para calon manten. Ada beberapa nama yang kayanya recommended. Gue juga udah minta price list ke beberapa dan harganya masih reasonable. Gue bahkan udah punya kandidat kuat mau pake dukun manten yang mana.

Suatu hari gue lagi survey ke salah satu vendor dekorasi di Bogor dan begitu dia tanya pake perias apa dan gue jawab mau ambil dari Jakarta, ini tanggepannya…

Ngga takut, Mbak kalo ambil dari Jakarta? Kan pasti ada charge transport jadi harganya naik lagi. Belum kalau ada yang ketinggalan-ketinggalan ngga leluasa bolak-baliknyaa..

Waduh. Jadi galau eike.

Iya sih kalo misalnya ada kaya beskap keluarga yang salah ukuran atau apa. Atau ada yang kurang-kurang kan ngga bisa bolak-balik. Tapi mau ambil perias dari Bogor, apa ada dukun manten Jawa di Bogor??

Ternyata ada, sodara-sodara.

Oleh si ibu vendor dekorasi yang baik gue dikasih dua nama dukun manten Jawa yang cukup ‘megang’ di Bogor. Gue langsung hari itu juga survey ke mereka. Tapi entah kenapa gue ngga bisa nemu tempat si dukun manten pertama. Udah muter-muter dan akhirnya putus asa. Akhirnya gue coba nama kedua dan langsung ketemu.

Itu namanya jodoh? Mungkin aja…

Gue akhirnya bisa ketemu sama pihak dukun mantennya. Walaupun ngga langsung sama pemiliknya soalnya pemiliknya lagi ke luar kota. Tapi dapet price list-nya. Liat juga hasil riasnya yang klop banget sama selera gue. Insya Allah, semuanya cocok. Gue pun minta buat janjian ketemu sama tante pemiliknya langsung. Tapi sejauh ini gue Alhamdulillah ngerasa sreg.

Mari atur janji buat ketemu sama si tanteeee.

Down-down-dooown…

Suatu pagi, bridezilla yang cantik ini dapet telepon dari sebuah nomer asing….yang ternyata adalah Mas Ismail. Masnya nanya apa gue jadi mau pake tanggal 19 April 2014 soalnya ada juga yang minat wedding di tanggal itu.

WHAT.

Apa mungkin udah pada mulai sadar ya kalau tanggal 19 April itu long weekend. Jadi pada mulai mau tanggal segitu.

Tentu aja gue bilang jadi dan gue semangat mau DP (Down Payment) buat iket tanggal.

Eh ternyata kabar dari Mas Ismail bukan cuma itu doaaang. Katanya buat tahun 2014 itu ada kenaikan harga paket sekitar 15% dari harga sekarang.

WHAT meneh.

Tapi untungnyaaa karena gue dianggap klien lama jadi gue masih bisa ikut harga lama. Legaaaaaa.

*elus dada seksi*

Tapi ternyata, karena efek dari bakal naik harga itu gue kemungkinan besar ngga bisa dapet diskon harga buffet sama stall yang lumayan mahal ituuuu. Huhuhuuu. Yah tapi udah suka sih sama si Royal. Jadinya mari kita mempersiapkan diri buat DP ke Royaaal.

Maksudnya mempersiapkan diri MAMA.

Huahahaha.

Wedding Case #2: The Date

…adalah tanggal.

Dulu gue pengen nikah di tahun 2013. Berhubung Mas Danang (kakaknya Abi) ternyata nikahannya September 2013. Se-akhir-akhir tahun 2013 kan tetep aja Desember dan cuma selisih 3 bulan dari September. Kok kayanya mepet banget ya? Jadinya kita tergusur ke tahun 2014.

Gue dan Abi pengennya awal 2014. Kita sempet pengen pake tanggal 11 Januari 2014. Bukan terinspirasi dari lagu Gigi atau apa ya. Cuma kayanya enak aja dan deket sama tanggal 12 yang jadi tanggal keramat kita. Ternyataaaa, Januari 2014 tuh ternyata bulan yang kurang baik blablabla mbuh kenapa. Gue sendiri kurang ngerti. Itu yang ngerti mamanya Abi. Menurut papa gue juga Januari 2014 itu kan belum lewat pemilu, jadi takut masih rada rawan. Abi juga mungkin Januari belum keluar dari peak season-nya yaa. Yasudaaah kita mundur ke….April 2014.

Sebenernya dari pihak keluarga gue sih ngga terlalu masalahin tanggal baik atau buruk ya. Buat papamama gue asal weekend ya monggo dipake. Ngga ada tuh mau bulan pantangan apa atau tanggal pantangan apa. Jadi tadinya gue dan Abi mau pake tanggal 12 April 2014. Kan pas tuhh, 12 tanggal keramat kita jadi gampang diinget, terutama buat Abi yang suka pikun tanggal. Tapi lagiiiiii, ternyata di keluarga Abi ada pantangan buat nikah di Sabtu Legi karena itu hari meninggal Eyangti-nya…dan sialnya 12 April 2014 adalah Sabtu Legi. Yasudah lagi. Kita mundur ke tanggal 19 April 2014.

Ya mungkin ada blessing-nya juga kita pake tanggal 19 April 2014. Itu ternyata adalah long weekenddddd! Tanggal 18-nya itu Nyepi atau Kenaikan Isa Almasih gitu deh. Jadi acara-acara pra-nikah yang bakal diadain tanggal 18-nya (pengajian, siraman, midodareni) bisa banyak yang dateng. Horreeee. Plus lagi tanggal 19 kan udah lewat lumayan jauh dari pemilu (9 April 2014). Jadi mungkin huru-haranya udah berlalu yaaa. Semoga.

Pokoknya hore deh. Mungkin itu tanggal baik ada berkahnya yaa. Sekarang tinggal berdoa semoga di tanggal itu vendor-vendor yang kita mau pada available. Amin!