Trying to conceive: 3rd month, June 2014

Another hello.

Bulan ketiga pernikahan. Bulan kedua gue lepas dari pil KB. Bulan baru penuh harapan semoga bisa hamil.

Bulan ini gue lewatin dengan penuh harap-harap cemas. Gue tau salah satu tanda lo subur adalah keluarnya lendir cervix sekitar masa subur lo. Which means, buat gue yang punya siklus normal 28 – 30 hari, hari subur gue adalah sekitar hari ke-14 dari hari pertama menstruasi. Misalnya, gue dapet hari pertama tanggal 1, perkiraan masa subur gue adalah tanggal 14.

Balik lagi ke si lendir cervix. Gue nunggu-nunggu banget tuh lendir keluar. Gue harep itu bakal jadi go-sign buat kita bercocok tanam, hahaha. Tapi itu lendir ngga keluar-keluar. Sampe kemudian gue telat dapet. Berbunga-bunga dong ini hati. Harapannya sihhh, gue ngga keluar lendir karena gue ngga subur lantaran gue udah hamil. Baru 2 hari telat, gue langsung test pack yang hasilnya cukup mengecewakan: cuman muncul 1 garis. Tapi gue masih positive thinking kalo mungkin beta HCG gue belom cukup tinggi untuk kedeteksi di test pack itu. Gue tunggu lagi, telat hari ke 4 atau 5, gue test pack lagi. Negatif lagi. Terus gue test pack hampir setiap hari dan itu cukup lama….karena gue telat mens sampe hampir 2 minggu.

Gue paling benci dikasih harapan palsu, termasuk sama badan gue sendiri. Hari ke-42 dari siklus gue, menstruasi itupun nongol. Sedih? Super. Kaga usah ditanya. Harapan gue selama ini kalo beta HCG gue belum cukup tinggi buat ngedeteksi kehamilan pake test pack rumahan kandassss. Siklus gue pun berantakan sama kaya hati dan harapan gue hahahaha *lebay*. Tapi gue masih amat sangat optimis dan yakin kalo bentar lagi gue hamil. Mari kita coba cocok tanam lagi setelah bersihhhh…. Semangat!

Di bulan Juni ini, gue mulai melancarkan segala jurus dan upaya semoga-cepet-hamil. Gue download aplikasi-aplikasi macem MyDays, Glow, sama I’m Expecting di hape gue. Gue rajin catet semua ‘kejadian-kejadian penting’ gue, macem tanggal mulai mens, tanggal bersih mens, sampe kapan aja kita berhubungan. Gue juga gencar googling segala macem tips biar bisa cepet hamil. Gue mulai minum susu prenagen esensis (rasa mokanya enyakkk). Gue mulai rutin minum vitamin E (santa-E) dan asam folat. Masalah cocok tanam? Uhhh, lancar jaya dooong, hihihi.

Gue sampe beli alat OvuTest yang macem mikroskop portable mini yang bisa ngedeteksi kesuburan lewat air liur. Tiap pagi baru bangun tidur, gue jilatin itu ovutest, hahaha. Gue usap-usap ludah gue ampe rata, gue tinggal mandi, dan abis itu gue liat hasilnya. Kalo muncul gambaran macem pakis-pakis gitu artinya lagi subur dan berarti gue harus pulang tenggo untuk persiapan cocok tanem yang optimal, hahaha.

Setiap hari gue liatin, pakisnya sih muncul, tapi ngga sebanyak yang gue harepin dan ngga sebanyak di contoh gambar yang seharusnya ada kalo lagi puncak masa subur. Again, gue juga nunggu kemunculan lendir cervix gue. Hasilnya? Ora muncul dab. Ketidakmunculan doski menimbulkan dua pemikiran di gue. Yang optimis: mungkin gue udah hamil, jadi ngga muncul tuh tanda subur, yeay! Yang pesimis: mungkin abis lepas pil KB, gue belum subur nih 😦

Apakah mens gue dateng tepat waktu? Nope. Gue telat lagi dan gue kembali berharap. Hamil dong, hamil dong, hamil dong. Sayangnya di hari ke-42 dari siklus gue, akhirnya mens itu dateng. Pupuslaaaah harapankuuuuuuuh.

Mari kita liat apa yang terjadi di siklus bulan depaaaan…

*finger crossed. again*

Leave a Reply

